Flow Meter Pembangkit Listrik Tenaga Uap - Wiratama Mitra Abadi | Industrial Equipment

Breaking

11.3.19

Flow Meter Pembangkit Listrik Tenaga Uap

PLTU merupakan suatu instalasi peralatan yang berfungsi untuk mengubah energi panas (hasil pembakaran bahan bakar dan udara) menjadi energi listrik yang bermanfaat. Pengunaan alat instrument flow meter banyak di gunakan di pembangkit listrik tenaga uap. Uap untuk PLTU ini biasanya digunakan untuk menggerakkan turbin dan kemudian generator, yang akan mengubahnya menjadi energi listrik. 


Penggunaan flow meter pada PLTU ini banyak digunakan pada sistem berikut :

1. Sistem bahan Bakar (Fuel Oil Sistem)
Sistem pembakaran untuk PLTU ini menggunakan minyak HSD (High Speed Diesel). Pada proses penyaluran bahan bakar, dilakukan melalui instalasi perpipaan yang  menghubungkan tangki penampungan sampai ke ruang bakar. Aliran bahan bakar dari tangki penampung dipompa dengan transfer pump melalui  flowmeter untuk perhitungan pemakaian. Kemudian untuk mendapakan hasil pembakaran yang maksimal maka dipasang  Main Oil Pump yang terpasang dan berputar melalui hubungan dengan poros turbin gas dengan Accessories Gear. Dan untuk mengatur jumlah aliran bahan bakar yang masuk ke ruang bakar diatur dengan Katup Kendali (control valve) yang berfungsi sebagai regulator.


2. Tangki air Pengisi (Feed Water Tank), tangki ini berisi air murni sebagai tandon pengisi air condenser.

3. Pompa air Pengisi (Feed Water Pump), pompa ini memindahkan air pengisi dari tangki air pengisi ke condenser dan menjaga level condenser tetap pada kondisi normal.

Industri PLTU ini bergantung pada suplai aliran air dan bahan bakar untuk menghasillkan aliran listrik. Volume aliran material seperti fluida dan gas harus termonitor secara akurat untuk menjaga agar sistem beroperasi secara efisien. Agar proses monitoring mencapai tingkat akurasi yang tinggi, PLTU memerlukan sistem flow measurement yang tepat.

Ada beberapa jenis flow meter yang tepat untuk PLTU seperti flow meter elektromagnetik yang tepat dipasang pada pipa pengisi.


Alat instrument flow meter banyak digunakan padai pembangkit listrik tenaga uap.Uap untuk PLTU biasanya digunakan untuk menggerakkan turbine agar menghasilkan energi listrik. Uap sendiri dihasilkan dari Alam yang berupa panas bumi atau oleh hasil pembakaran pada boiler.

Untuk PLTU yang menggunakan boiler dengan bahan bakar batubara umumnya dibangun dipinggir pantai. PLTU seperti ini biasanya menggunakan air asin yang diproses menjadi air tawar atau air demin yang dimasak guna menghasilkan uap pada boiler.


Jenis flow meter yang sering digunakan pada proses pltu ini, berupa flow meter untuk liquid air laut, air demin dan ciran chemical.Untuk proses liquid air laut sebaiknya menggunakan flow meter yang tidak contact dengan liquid dan untuk transmitter atau komponen lainya sebaiknya menggunakan material yang tahan terhadap uap garam.

Flow meter yang sensornya tidak kontak langsung dengan liquid, sebaiknya digunakan padak jalur aliran pipa utama. Tujuan dari jenis flow meter clamp on ini agar saat terjadi masalah dengan flow meter baik saat instalasi atau maintenance tidak perlu menyetop atau mematikan proses. Karakter jenis flow meter clamp on, cara instalasinya cukup menempelkan sensordipermukaan luar pipa sehingga  tidak perlu memotong maupun melubangi pipa.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Khusus yang punya Account Blogger.
Lainnya : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim :