OIL SKIMMER

OIL SKIMMER adalah alat yang digunakan untuk memisahkan partikel cair yang berada diatas cairan lain atau cairan yang mengambang dikarenakan cairan tersebut tidak homogen dan yang sering kita temui adalah cairan minyak yang mengambang diatas cairan air dan sering juga disebut dengan istilah oil sparator. Alat ini cukup efektif untuk memisahakan minyak dengan air dimana jenis dari oil skimmer banyak sekali. 

Penggunaan Oil Skimmer di Industri

Di banyak industri manufaktur oil skimmer di gunakan untuk memishakan kandungan oli yang tercampur dalam cairan pendingan (coolant) baik pada proses heat treatment, cutting, grinding dan milling, dimana oli ini bisanya mengalir dari slide, gear dan bagaian part mesin lain yang membutuhkan pelumasan. akibat dari kandungan oli yang tercampur dalam coolent menyebabkan coolant tidak berfungsi dengan optimal sehingga perlu dipisahkan oli dari cairan coolant.



Oil skimmer juga sering digunakan untuk mengangkat tumpahan minyak dilaut akibat kapal tanker yang bocor atau lainnya. Di industri perotelan atau di restoran biasanya minyak nabati sisa2 proses memasak biasanya juga perlu dipisahakan agar tidak menyumbat saluran air atau yang sering dilakukan adalah untuk menurunkan biaya proses treatment ( WWT ) agar tidak terjadi pencemaran lingkungan.

Jenis Pemakaian Oil Skimmer

Pemakain jenis oil sekimmer biasanya di sesuaikan dengan kebutuhan dan sebagai parameter yang sering dipakai dalam menentukan jenis oil skimmer ada beberapa yaitu :

- Jenis minyak yang tercampur dalam air
- Lokasi kerja dari oil skimmer ( in door, out door, statis atau bergerak seperti di laut )
- Temperatur cairan
- Persentse oil terhadap cairan yang dipisahkan
- Kapasitas dari oil sekimmer
- Fungsi pemisahaan apakah untuk mesin atau kolam atau di laut




Cara Kerja Oil Skimmer

Ada beberapa cara kerja dari alat oil skimmer, dengan cara grafitasi, dimana minyak mengapung ke atas oil skimmer dan didorong oleh skimmer ke dalam wadah penyimpanan. Semantara ada juga yang menggunakan belt dan sering dinamakan belt skimmer, dimana bahan matrial belt juga ada bebrapa dari bahan plastic maupun logam.

Namun masih banyak lagi dengan menggunakan metoda lain seperti dengan menggunakan roda, atau memutar drum yang dilapisi zat yang menarik minyakdari air yang terkontaminasi sering disebut drum oil skimmer, mengguankan pumpa centrifugal yang mengambang diatas permukaan air, jenis ini dinamakan floating oil skimmer, menggunakan tali atau disebut dengan rope oil skimmer, menggunakan pipa dan sebagainya. Dan untuk didunia industri pemisahaan oli terhadap minyak biasanya disertai dengan matrial padat seperti pada proses cutting dan grinding sehingga mulai dikembangkan metode pemisahan dengan menggunkan bucket sehingga minyak dan padatan hasil proses grinding dan cutting bisa dipisahkan sekaligus dari cairan coolant.

Belt oil skimmer, belt skimmer , disc oil skimmer, floating oil skimmer, floating skimmer, OIL REMOVAL, oIL SKIMMER, rope oil skimmer

Berbagi:  

Articles