Perbedaan antara Sistem Off Grid dan On Grid pada Pemanfaatan Energi Surya

PV On Grid PV Off Grid

On-Grid Solar

Definisi: Sistem On-Grid adalah sistem pv surya yang hanya menghasilkan daya ketika jaringan daya utilitas PLN tersedia. Sistem ini harus terhubung ke grid agar berfungsi. Sistem ini dapat mengirim kelebihan daya yang dihasilkan kembali ke jaringan ketika sel surya memproduksi daya berlebih sehingga ada surplus untuk digunakan nanti.

Manfaat: Sistem On-Grid adalah sistem paling sederhana dan paling hemat biaya untuk menginstal energi panel surya. Sistem ini akan mencapai ROI dengan mengimbangi tagihan PLN dalam 3-8 tahun.

Kelemahan: Sistem On-Grid tidak memberikan daya cadangan selama pemadaman jaringan.


Off-Grid / Hibrida Solar

Definisi: Sistem Off-Grid ini memungkinkan anda untuk menyimpan tenaga surya dalam baterai untuk digunakan ketika jaringan listrik mati atau jika Anda tidak ada di jaringan. Sistem hibrida menyediakan daya untuk mengimbangi daya jaringan setiap kali matahari bersinar sekaligus akan mengirim daya berlebih ke jaringan untuk kredit untuk digunakan nanti.

Manfaat: Sistem Off-Grid mampu menyediakan daya cadangan untuk beban kritis saat jaringan listrik mati.

Kelemahan: Sistem Off-Grid ini tidak dapat diharapkan memberikan daya untuk semua beban listrik rumah anda karena biaya dan volume baterai akan menjadi penghalang. Sistem Off-Grid membutuhkan lebih banyak peralatan khusus agar berfungsi yang lebih mahal dan lebih rumit untuk dipasang. Khususnya mereka memerlukan inverter sentral/ string, meteran kWh dan baterai.

Ukuran pv surya dan baterai yang dibutuhkan sangat kompleks. Analisis terperinci atas kebutuhan Anda akan diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kritis minimal Anda. Selain itu, baterai mahal, membutuhkan perawatan berkelanjutan dan penggantian berkala.

Mengingat peralatan khusus tambahan yang diperlukan dan fakta bahwa itu memerlukan instalasi yang rumit, perkirakan sistem off-grid membutuhkan biaya empat kali lipat untuk pemasangan per watt dan memerlukan pengeluaran pemeliharaan yang berkelanjutan.


Faktor pertimbangan dalam memilih sistem enegi surya

PV Off-Grid

PV On-Grid

Lokasi yang tidak memiliki sambungan PLN
Lokasi yang memiliki akses listrik PLN 24 jam
Lokasi yang belum memiliki sambungan PLN, namun berencana dalam 5-10 tahun kedepan akan ada penyambungan daya
Lokasi perkotaan dan sekitarnya, merupakan lokasi pemasangan ideal
Lokasi yang memiliki sambungan PLN, namun belum berfungsi 24 jam. Sehingga membutuhkan cadangan daya ketika listrik mati
Lokasi rumah, bangunan bisnis, kantor pemerintahan dan bangunan layanan lainnya yang tertarik untuk melakukan efisiensi dan pengurangan  biaya listrik bulanan
Lokasi yang menggunakan genset atau system pembangkit daya lainnya, dan menginginkan bantuan daya dari energi surya
Lokasi yang telah memiliki atau yang akan memiliki sertifikat SLO untuk koneksi terpasang
Lokasi yang jauh, terpencil, pulau terluar dan kepulauan, perbatasan, pedalaman hutan, lautan lepas, dan lokasi ekstrim lainnya, yang tidak memiliki sumber listrik mandiri
Lokasi yang telahterpasang kWh meter EXIM(Export-Import) atau yang akan dan sedang dalam pengurusan pemasangan kWh meter EXIM
Berbagi:  

Komentar

Articles