Installasi Flow Meter air Limbah - Wiratama flow meter and technical part stock

Breaking

7.3.15

Installasi Flow Meter air Limbah

Electromagnetic flow meter yang cara kerjanya didasarkan hukum faraday induksi electromagnetik ( Faraday’s law of electromagnetic induction ) mempunya beberapa keunggulan dan kekurangan, dimana keunggulan dari jenis flow meter electromagnetic ini adalah tidak adanya partikel/komponen yang bergerak dalam tabung electromagnetic flow meter membawa keuntungan bahwa aliran dari fluida yang kotor ataupun mengandung partikel padat atau serat seperti pada proses bubur kertas atau serat nabati atau lainnya cukup cocok menggunakan jenis flow meter electromagnetic ini.

Pemasangan Magnetic Flow Meter untuk pembuangan aliran air limbah di PLTU sulawesi tenggara. Jenis Flow Meter yang di install adalah electromagnetic yang di pasang pada pipa pvc. Installasi flow meter electromagnetic yang di conect ke pipa PVC harus dilakukan dengan hati hati dan cermat kususnya jika aliran air limbah yang mengalir dalam pipa pvc tidak menggunakan tekanan pompa tapi dialirkan karena adanya perbedaan ketinggian atau gravitasi.

Electromagnetic dalam hal instalasi ada dua jenis yaitu jenis in line magnetic flow meter dan jenis insertion magnetic flowmeter,  Ada dua bagian utama dari magnetic flow meter yaitu magnetic flow sensor dan magnetic flow transmiter yang sering di sebut dengan converter magnetic flow meter. Untuk jenis insertion magnetic flow meter sangat cocok di gunakan pada size pipa yang besar karena dibanding dengan menggunakan inline magnetic flow meter harga flow meter jenis insertion jatuhnya lebih murah.
Secara perhitungan harga flow meter magnetic insertion jika digunakan pada diameter pipa yang besars eperti size diatas 14 inchi secara perhitungan harga flow meter jatuhnya lebih murah dan begitu juga biaya instalasinya karean tidak harus memotong pipa dan mengelas flange tapi hanya melubangi pipa yang dilanjutkan memasang fitting baik itu weldod fitting maupun saddle fitting maka biaya instalasi flow meter jenis ini  juga lebih murah dan lebih cepat.
Berikut picture pemasanagan flow meter untuk aliran air limbah :








Pada saat melakukan pemasangan Flow meter electromagnetic ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dimana Prosedur installasi flow meter ini harus memperhatikan persyaratan dan langkah-langkah installasi agar supaya tujuan dari pemasangan flow meter electromagnetic ini dapat tercepai. Yang perlu diperhatikan adalah lokasi pemasangan flow meter karena untuk lokasi indor dan installasi pada lokasi out door perlu penyesuaian. Begitu juga posisi pemasangan flow meter electromagnetic terhadap ketinggian, dimana jika flow meter electromagnetic dipasang pada pipa dengan ketinggian 3 meter atau lebih tentunya berbeda dengan flow meter electromagnetic yang dipasang pada posisi dibawah tanah atau di selokan.

read more