Cara memperlambat putaran meteran air pdam

Cara memperlambat putaran meteran air pdam

Water meter adalah alat ukur untuk mendeteksi serta menghitung debit air dan volume air yang telah mengalir lewat flow meter. Jenis alat ukur water meter atau meter air ini banyak ditemukan dirumah dan apartemen yang menggunakan air pdam.
Meteran air ini biasanya digunakan untuk konfirmasi jumlah pemakain air, sebagai dasar jumlah pembayaran ke pengelola atau pdam setiap bulan. Metaran air pdam ini sebelum dipasang biasanya telah dikalibrasi oleh badan kaliberasi resmi dan disegel sebagai bukti sudah di tera.

Tujuan dari tera ini sebagai hasil konfirmasi badan resmi pemerintah, sebagai alat ukur yang telah dikaliberasi. Dimana hasil kaliberasi biasanya memberikan pengesahan akan penghitungan volume air yang melewati water meter, untuk digunakan sebagai nilai transaksi pemakain banyaknya volume air.

Namun demikian, karena umur pemakain yang berakibat munculnya kerak, lumut dan sebagainya menyebabkan kinerja meteran air menurun. Penurunan kineraja water meter pdam ini berakibat pada akurasi yang tidak sesuai dengan yang disyaratkan ( biasanya 2%). 

Karena akurasi meteran air yang tidak sesuai sehingga menyebabkan kerugian baik pelanggan air minum maupun operator pdam, maka perlu di kaliberasi ulang. Istilah lainya di tera ulang dan di segel. 

Yang perlu diketahui segel yang diberikan departemen metrology tidak boleh rusak atau putus jika ini terjadi maka meteran air pdam tersebut wajib dilakukan tera ulang. Seperti juga pada meteran listrik yang disegel.
Perusakan segel secara sengaja akan berakibat PDAM tidak mempercayai hasil pengukuran dan sangsi teringan adlah aliran air anda akan di putus oleh PDAM.

Pertanyaan yang sering muncul adalah :

“Bagaimana cara mengakali meteran air..?

“Bagaimana cara memperlamabat putaran jarum meteran air….?

Jika ini muncul dari benak anda mohon STOP dan jangan coba2 di teruskan dengan aksi mengutak atik water meter tersebut. Resikonya ngeri dech…!!!..
dan anda bisa digolongkan curang… bohong… dan melakukan pencurian air..
Karena anda tidak punya legal standing untuk melakukan kaliberasi water meter… 

dan hanya badan resmi yang ditunjuk pemerintah yang boleh melakukan kaliberasi dan tera water flow meter….

Anda Pasti Tahu akibatnya jika  anda dituduh dan terbukti mencuri…????
Berbagi:  

Komentar

Articles