Aplikasi Air Motor

Air motor
Aplikasi Air Motor
Pneumatic Motor

Air Motor yang mempunyai karakteristik tanpa menggunakan energi listrik yang memberikan jalan keluar akan kelemahan electric motor pada aplikasi tertentu seperti tidak diijinkannya pemakaian listrik, timbulnya medan listrik dan sebagainya.

Air Motor maupun air gear motor sangat aman sekali digunakan untuk aplikasi dimesin atau equipment yang berhubungan dengan bahan-bahan produksi yang mudah terbakar atau meledak seperti di pabrik cat yang banyak menggunakan bahan solvent. Terutama untuk tanki agitator, tanki mixer maupun untuk conveyor ataupun untuk equipment lainnya yang membutuhkan motor. Begitu juga untuk pabrik lem yang berbahan dasar minyak ataupun solvent.

Selain digunakan untuk aplikasi diatas air motor juga tepat sekali digunakan untuk menggerakan blower ataupun exhust khususnya didunia oil and gas atau yang lainyya yang mempersyaratkan explosion proof.

Karena sifat dan cara kerja air motor yang menggunakan udara bertekanan dimana aliran udara yang masuk kedalam komponen vane ataupun piston untuk type piston air motor membuat body air motor  tidak mudah panas karena udara bertekanan sebagai sumber energi air motor sekaligus berfungsi sebagai cooler. Karena itu air motor cukup tepat jika diaplikasikan pada mesin atau equipment dengan ambien temperatur tinggi atau diatas 40 derajad celcius.

Karena tenaga yang digunakan untuk menggerakan air motor adalah udara bertekanan yang dihasilkan oleh air compressor dimana pada sistem pneumatic ada peralatan atau accesories yang dipasang guna mengatur besar kecilnya tekanan udara berupa regulator maka untuk medapatkan besarnya putaran ( RPM ) dan torque dari air motor  cukup dengan menyeting regulator sehinga cara ini cukup simple sekali untuk mengatur besar kecilnya RPM dari peralatan yang menggunakan air motor ini hal ini berbeda untuk electric motor yg perlu inverter maupun servo.


Secara ringkas Air motor maupun air gear motor dapat diaplikasikan pada mesin dan equipment sebagai berikut :

APLIKASI :
- Hoist / Winches Conveyor Drives Automation Devices
- Hose Reels Mixing Equipment Choppers / Grinders
- Turntables Pump Drives Food / Pharmacy Packaging
- Conveyor Drives Automation Devices
- Mixing Equipment
- Pump Drives
- Automation Devices
- Choppers / Grinders
- Food / Pharmacy Packaging
Berbagi:  

Articles