SHM flow meter

SHM flow meter merupakan flow meter air yang digunakan untuk mengetahu volume air yang mengalir dalam flow meter. Flowmeter air SHM merupakan jenis flow meter yang prinsip kerjanya menggunakan sistem mekanik dengan menggunakan komponen utama paddle wheel. 

Karena adanya arus aliran dalam tabung flow meter mengakibatkan paddle wheel berputar pada porosnya, dimana putaran dari paddle wheel ini di teruskan ke komponen lainy. Paddle wheel ini akan akan berputar dan menggerakan sistem registerasi mekanik yang berupa angka. Pergerakan angka ini dihasilkan oleh konversi besarnya putaran paddle wheel yang di konversi ke volume berupa angka yang akan bergerak sesuai dengan besaran putaran paddle wheel.

shm Sewage hot water turbine flow meterSHM Flow meter
Flow meter SHM ini terdapat  3 bagian utama yaitu tabung flow meter, paddle wheel dan mekanikal register guna pembacaan volume. Tabung flow meter shm ini dibuat dari cast iron dengan koneksi mengunakan flange yang disesuaikan dengan sizenya dari size diameter DN50 hingga DN200.  Bagian atau komponen terpenting dari flow meter shm yaitu paddle wheel yang menggunakan material Polypropylene  dengan as yang dibuat dari material metal yang tahan terghadap gesekan dan tahan korosif.
Bagian ketiga dari flow meter air shm adalah sitem regiter mekanikal yang tidak menggunakan sistem transmisi gear tapi menggunakan sistem magnetic. Sistem ini dikarenakan adanya perbedaan arah medan magnit yang mampu menggerakan atau menimbulkan putaran dari dua sisi komponen yang berbeda atau berlawanan akibat perbedaan kutub medan magnit. Dengan adanya perbedaan arah medan magnit menyebabkan komponen lainya akan berputar dan mampu menggerakan sistem mekanikal yang ditandai dengan angka yang berfungsi sebagai pembacaan volume aliran air dalam flow meter.
Karena adanya bagian komponen flow meter air shm  yang contact dengan liquid berputar sebaiknya flow meter ini digunakan dan diaplikasikan pada aliran air yang bersih dan tidak mengandung sampah atau kotoran yang dapat menyangkut pada paddle wheel, yang bearkibat pada berhentinya putaran padle wheel. Atau untuk menghindari kemacetan putaran paddle wheel sebaiknya dilakukan maintenance secara berkala dengan membersihkan paddle wheel dari kotoran atau kerak.
Karena flow meter shm ini menggunakan sistem mekanikal regiter atau sering disebut dengan flow meter analog atau flow meter non digital atau flow meter manual maka tidak dibutuhkan power listrik.


Brochure Flow meter SHM  flow meter shm catalog
Berbagi:  

Komentar

Articles