Differential Pressure Flowmeter


Differential Pressure Flowmeters (Head Flow Meter)

Prinsip operasi Differential Pressure Flowmeters (DP Flowmeters) di dasarkan pada persamaan Bernoulli yang menguraikan hubungan antara tekanan dan kecepatan pada suatu aliran fluida.  Alat ini memandu aliran ke dalam suatu penghalang aliran (yang mempunyai lubang dengan diameter yang berbeda dengan diameter pipa), sehingga menyebabkan perubahan kecepatan aliran (flow velocity) dan tekanan (pressure) antara sisi upstream dan downstream dari penghalang. Dengan mengukur perubahan tekanan tersebut, maka kecepatan aliran dapat dihitung.

General Specification

Differential pressure atau head flow measurement merupakan metoda pengukuran flow yang paling populer saat ini untuk mengukur aliran fluida di industri proses.
Flowmeter ini diaplikasikan untuk cryogenic, Clean Gas, Dirty Gas, Clean Liquid, Dirty Liquid, Viscous Liquid, Saturated Steam, Superheated Steam dan tidak direkomendasikan untuk Corrosive Liquid         dan Abrasive Slurry.
Memiliki Line Size kisaran : 6 ~ 300 mm (1/4 ~ 12 inch)
Turndown Ratio: 10 : 1
Kelebihan
  1. Biaya pengadaannya awal : rendah ~ sedang
  2. Dapat digunakan di dalam cakupan luas (hampir semua phase fluida dan kondisi aliran).
  3. Strukturnya kokoh dan sederhana
Kekurangan
  1. Rugi tekanan (pressure drop) : sedang ~ tinggi

Primary Elements untuk DP Flowmeters  

Berbagai jenis primary element yang tersedia dipasaran untuk DP flowmeters antara lain : orifice plates, venturi tube, flow nozzle, pitot tube, anubar tubes, elbow taps, segmental wedge, V-Cone dan Dall Tube.  Jenis yang paling banyak digunakan adalah orifice plate, namun element lain menawarkan beberapa kelebihan untuk aplikasi tertentu.
Berbagi:  

Komentar

Articles