Firetrol Battery charger - Wiratama flow meter and technical part stock

Breaking

29.3.18

Firetrol Battery charger

Firetrol battery charger adalah charger untuk battery merek firetrol dari asco yang digunakan pada system control pompa pemadam kebakaran yang menggunakan mesin diesel. Charger battery firetrol ini merupakan komponan yang cukup vital karena jika ada keruskan sehingga charger firetrol tidak berfungsi maka mesin diesel tidak akan bekerja saat di butuhkan untuk menggerakan pompa air jika terjadi kebakaran. Karena itu jika ada indikasi kerusakan pada battery charger firetrol hendaknya segera di ganti.

20171009_125448Penggantian firetrol battery charger ini tidaklah susah karena cukup dengan cara plug and play. Namun ada beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum melakukan penggantian battery charger firetrol. Untuk system charger tunggal bis alangsung di kerjakan penggantian namun untuk system ganda baik itu di serie maupun di paralel, sebaiknya dilakukan pengecekan dahulu dan jika perlu dilakukan pemutusan contact terhadap jaringan serie atau ganda.

Sebelum dipasang battery charger firetrol ada baiknya di lakukan pengecekan arus yang di guankan dan tegangan keluar yang di butuhkan untuk charger battery. Ada beberapa bagian yang harus di setting di sesuaikan dengan kondisi control dan spesifikasi battery yaitu :
  • Tegangan Input : 115 VAc dan 230 VAc
  • Tegangan output untuk battery : 12 Vdc dan 24 Vdc.
  • Jenis battery : dry battery or wet battery

Seting parameter diatas harus dilakukan dengan tepat sesuai dengan spesifikasi di panel dan battery yang ada, karena jika battery charger firetrol diaktifkan dengan pengaturan yang salah, bisa megakibatkan kerusakan pada battery charger firetrol.

Untuk melihat kondisi dan performa firetrol battery charger bisa dilihat pada siklus pengisian yang bisa dilihat pada lampu indicator dimana terdapat 3 lampu indicator yaitu lampu warna hijau, kuning dan merah. Ada 4 langkah menyalanya lampu saat proses charger yaitu :
  • Lampu hijau menyalan dan lampu kuning berkedip
  • Lampu kuning menyala tetap
  • Lampu kuning menyala dan lampu hijau menyala
  • Lampu Hijau menyala
  • Lampu merah menyala artinya ada masalah dengan sistem firetrol battery charger

 20171009_125250