Meteran air Jenis flow meter Ultrasonic

 

Difinisi Ultrasonic flow meter

Meteran air atau sering disebut flow meter jenis alat ukur untuk mengukur dan mendeteksi suatu aliran air dalam pipa maupun channel. Flow meter ultrasonic merupakan jenis flow meter yang cara kerjanya berdasarkan pada kecepatan rata rata ultrasound.

Clamp on Ultrasonic Flow meter
Dengan menggunakan transduser atau sensor ultrasonic, flow meter dapat mengukur rata-rata  velocity di sepanjang jalur pancaran ultrasound yang dipancarkan. Didapatnya rata-rata perbedaan waktu transit antara pulsa ultrasound yang merambat ke dan melawan arah aliran. Berdasarkan kecepatan ultrasound akan didapatkan velocity yang kemudian dikalkulasikan dengan luasan penampang sehingga didapat volume rate.

Clamp on ultrasonic flow meter sangat dipengaruhi oleh temperatur cairan, viskositas dan densitas liquid. Ini dikarena setiap material cairan mempunyai ultrasound velocity yang berbeda sesuai dengan karakteristik  material.

Meteran air jenis ultrasonic ini sekarang banyak digunakan di dunia industri pengolahan dan produksi air bersih maupun irigasi. Harga flow meter ini dianggap mahal, tapi dinilai murah murah jika diaplikasikan pada diameter pipa yang besar.

Untuk prinsip kerja flow meter ultrasonic silahkan klik : Prinsip kerja flow meter ultrasonic

Jenis Ultrasonic flow meter

Jenis flow meter ultrasonic ada 3 yaitu inline ultrasonic flow meter, portable flow meter, clamp on flow meter dan open channel flow meter Yang paling banyak dikeanl penggunanya adalah jenis clamp on dan portable.

Keuntungan dari penggunaan arus meter ultrasonic flow meter jenis instalasi clamp on adalah cara instalasinya tanpa memotong pipa. Dan karena tidak ada bagian sensor yg bergerak maka menghindari pressure drop dari aliran.

Flow meter ultrasonic jenis clamp on dapat di pasang pada berbagai jenis material pipa dan berbagai ukuran diameter pipa. Diameter pipa yang bisa dipasang mulai dari DN 15 hingga DN600. Water meter jenis ultrasonic ini mempunyai akurasi 1% untuk yang single channel dan 0,5% untuk yang multi channel.

Untuk info tentang jenis flow meter ultrasonic silahkan klik : Jenis Flow Meter Ultrasonic

Cara Installasi Flow meter ultrasonic

Langkah-langkah instalasi flow meter ultrasonic sangat simple dan mudah terutama untuk jenis clamp on installation. Jenis clamp on ini bisa diinstal pada berbagai jenis material dan ukuran dimeter pipa. Langkah penting dalam instalasi yang perlu diperhatikan adalah data-data pipa dan cairan.

Selain itu juga posisi titik dimana transducer clamp on ultrasonic di pasang harus di perhatikan terutama jarak up stream atau down steram. Lihat manual operasional dan ikuti standart yang ditetapkan oleh manufacture. Untuk instalasi di out door sebaiknya transducer ultrasonic dilindungi bracket guna menghindari perubahan posisi yang berakibat pada hasil pembacaan.

Sebelum melakukan instalasi sebaiknya dapatkan data-data dari dimeter pipa, jenis material pipa, tebal pipa, jenis transducer dan lainnya. Masukan data tersebut sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Untuk info lebih lanjut bisa di baca di : Cara Installasi Flow meter ultrasonic jenis clamp on

  Baca Juga :

 


Berbagi:  

Komentar

Articles