Cara menghitung flow rate pompa menggunakan flow meter portable

Kapasitas pompa air

Saat para engineer membeli pompa untuk cairan, ada beberapa parameter yang selalu ditanyakan oleh penjual adalah berapa kapasitasnya, berapa pressurenya dan berapa head nya . Dari parameter dasar tersebut, bisanya akan dilanjtkan dengan pertanyaanlainya seperti jenis material pompa, temperatue maksimal liquid, size discharge, power suplly dan lainnya.

Namun kenyataanya saat pompa sudah dipasang serta pipingnya, yang dicek dari pompa biasanya pressure yang dicapai oleh pompa. Sementara, parameter terpenting berapa kapaistas pompa, berapa flow rate atau berapa debit air nya justru tidak pernah dibuktikan. 

Cara menghitung flow rate pompa menggunakan flow meter portable
Yang terjadi, kapasitas aliran cairan yang dipompa teralu kecil dan tidak memenuhi desain awal tenteng kapasitas yang harus terpenuhi pada proses produksi. Dari kondisi ini yang terjadi adalah  saling menyalahkan tentang spesifikasi yang salah, kwalitas pompa yang jelek, salah instalasi dan lainnya.

Parameter debit air

Kasus terbesar dan serius dari pemasangan pompa serta piping adalah besarnya debit air yang tidak tercapai atau kekecilan. Ini akan jadi rumit saat proses mensyaratkan Kapasitas aliran atau debit air akan berpengaruh pada :
  • Kuwalitas produksi yang dibawah standart
  • Kuantitas produksi yang dibawah target
  • Performa mesin yang menurun atau cepat rusak
  • dan lainnya
Sebaiknya saat serah terima atau commisioning pekerjaan pemipaan dan instalasi pompa bukan hanya melihat terpenuhinya angka pressure. Lebih dari itu, debit air atau flow rate air sebagai spesifikasi awal menentukan kapasitas pompa harus diketahui besaranya. 

Informasi tentang besaran angka flow rate inilah yang menunjukan sesungguhnya kapasitas pompa, apakah sesuai dengan desain atau tidak. Untuk besaran pressure bisa dipasang manometer atau pressure gauge. Sementara alat ntuk pengukuran flow rate bisa menggunakan alat ukur debit air yaitu flow meter atau flow gauge.

Unit satuan untuk debit air atau flow rate yang biasnya harus diketahui adlah Liter per minute, liters per second,  liter per hour, gallon per minute, barrel per hour, barrel per day, meter cubic per second , meter cubic per hour dan seterusnya.

Alat ukur flow rate pompa

Jadi alat ukur untuk mengetahui dan mengecek flow rate pompa sebaiknya menggunakan jenis flow meter portable. Flow meter portable mempunya karakteristik yang sangat simple, mudah pengoprasiannya serta ringan untuk di bawah kemana-mana.

Flowmeter portable ini hanya dimiliki oleh jenis flow meter ultrasonic karena itu sering disebut dengan portable ultrasonic. Cara kerja flow meter portable jenis ultrasonic ini bisa diklik di flow meter portable

Tetapi utuk mengetahui jumlah volume cairan yang tujuanya untuk produksi atau untuk pengecekan flow rate secara kontinyu bisa menggunakan jenis instalasi inline atu fix clamp on. Jenis flow meter ini dimiliki oleh flow meter ultrasonic, magnetic flow meter, variable area flow meter, venturi flow meter atau yang lainnya yang bisa difungsikan sebagai flow gauge.

Flow meter jenis portable ultrasonic

Flow meter jenis portable ultrasonic merupakan meter jenis inferensial (mengukur secara tidak langsung). Yang dapat menentukan kecepatan aliran cairan dengan mengukur waktu transit pulsa suara frekuensi tinggi  yang melintasi pipa aliran.  Waktu transit adalah waktu yang diperlukan pulsa suara yang melintasi pipa dalam dua arah, yaitu searah dan berlawanan arah dengan arah aliran.

Cara menghitung flow rate pompa menggunakan flow meter portable
Flowmeter clamp on ultrasonic jenis portable ini bisa digunakan untuk mengukur semua jenis cairan yang homogen dimana jika terdapat particle solid tidak lebih dari 5%. Berikut ini keunggulan dari portable ultrasonic flow meter :
  • Instalasinya jenis clamp on jadi tidak perlu memotong atau melubangi pipa
  • Bisa digunakan untuk size pipa DN15 s/d DN5000
  • Bisa di operasikan pada semua jenis material pipa
  • Dapat dioperasikan pada semua jenis material pipa dari carbon steel, stainless steel, PVC, HDPE, tembaga dan lainnya
  • Tidak membutuhkan power karena menggunakan battery yang bisa di charge seperti handphone.
  • Dan masih banyak keunggulan lainnya dari flow meter clamp on ultrasonic
Informasi tentang flow meter ini bisa klik di flow meter portable ultrasonic

Berbagi:  

Komentar

Articles